Friday, January 4, 2013

Besok, Meteor Quadrantid Hujani Bumi


Sebanyak 200 meteor akan kembali menghujani bumi. Kali ini, meteor yang dinamai Quadrantid tersebut akan jatuh ke bumi pada Kamis (3/1/2013) mendatang.

Seperti dikutip Tribunnews dari CNN, Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Meteor NASA, mengatakan fenomena bintang jatuh itu akan terjadi pada pukul 23 waktu Amerika. Sedangkan puncaknya jatuhnya meteor akan terjadi pada pukul tiga pagi keesokan harinya.


Quadrantid Meteor Shower pictured over Bow Valley, Banff National Park, Alberta, Canada in 2009: Although the shower is often spectacular, it's very brief - and many often miss the shower of up to 200 meteors per hour, which can be visible to the naked eye

"Saat itu akan melintas sekitar 60 hingga 200 meteor secara beruntun di langit tiap jamnya," katanya, Rabu (2/1/2013). Meteor itu akan menghujani bumi dengan kecepatan 90 ribu mil per jam. Untungnya, materi meteor-meteor itu akan terbakar habis di atmosfer bumi.

Meteor Quadrantid menurut NASA berasal dari sebuah pecahan komet beberapa abad yang lalu, dan menuju bumi setelah ratusan tahun mengorbiti matahari. "Setelah ratusan tahun mengorbit matahari, mereka akan memasuki atmosfer kita dengan kecepatan 90 ribu mph," kata NASA.


Anxious? Stargazers are more likely to enjoy the beautiful sight of a meteor shower like this one than fear for their lives

Badan antariksa Amerika itu mengatakan, masyarakat dunia yang berada di lintang utara 51 derajat selatan dapat melihat fenomena alam tersebut. NASA dan Ustream akan memasang webcast mulai Rabu hingga Jumat mendatang, untuk merekam kejadian langka tersebut. Kamera-kamera itu akan dipasang di Marshall Space Flight Center, Huntsville, Alabama.

Meteor Quadrantid pertama kali tercatat pada 1825 dan mendapatkan nama mereka dari konstelasi kwadran muralis, yang tidak lagi dianggap konstelasi oleh para astronom.



Spectacular: The annual Perseids meteor shower, seen here in Keswick, Cumbria, happens as the Earth passes through debris from the Swift-Tuttle comet


sumber | produkkecantikanss.blogspot.com | http://www.tribunnews.com/2013/01/02/besok-meteor-quadrantid-hujani-bumi

No comments:

Post a Comment