Saturday, January 5, 2013

Pocong, hantu yang paling mengingatkan manusia pada kematian



Pocong menjadi hantu yang menakutkan bagi sebagian orang. Berbungkus kain kafan, pocong dinilai sebagai hantu yang paling mengingatkan manusia pada kematian. Tak heran hantu jenis ini adalah hantu yang paling populer di masyarakat di antara beragam hantu di Indonesia.

"Jadi ada tingkat horor yang tinggi pada pocong. Kalau kematian yang tidak wajar biasanya ada di pocong. Dia juga punya tanda spesifik yang mengingatkan orang mati, yaitu dibungkus kain kafan," terang budayawan, Acep Iwan Saidi dalam perbincangan telepon dengan merdeka.com, Sabtu (5/1).


http://arsitexcommunity.files.wordpress.com/2009/03/pocong-arsitex-7.jpg

Tak heran image pocong yang menyeramkan banyak dimanfaatkan berbagai pihak termasuk industri perfilman. Pocong itu seakan sebagai pusat mistis dari berbagai hantu yang mendiami Indonesia.

"Orang yang sudah mati kalau jadi pocong paling tampak mistisnya yaitu orang mati hidup lagi. Itu yang paling laku di jual industri TV," lanjut Acep.

Tentunya hal ini tak lepas dari mitos dan budaya Indonesia. Apalagi dengan mayoritas penduduk muslim maka ada cara membungkus jenazah dengan kain kafan membuat pocong tak lepas dari kehidupan masyarakat.

"Karena pocong itu memang ada cerita yang menyebar yaitu orang baru mati keluar lagi masih di bungkus kain. Masyarakat kita itu dulu membangun semacam mitos orang yang baru mati sangat menakutkan kemudian ini diulang-ulang terus," tutup Acep.


http://klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2013/01/03/133939/540x270/coba-bunuh-diri-lazuardi-berpakaian-pocong-tuntut-anggota-dpr.jpg

sumber | produkkecantikanss.blogspot.com | http://www.merdeka.com/peristiwa/pocong-hantu-yang-paling-mengingatkan-manusia-pada-kematian.html

No comments:

Post a Comment